суббота, 23 ноября 2019 г.

Catatan Eksplorasi

10 November 2019

Aku berangkat dari rumahku pada jam 16:30. Aku sampai di stasiun Senen pada jam 18:30. Aku dan keluargaku pergi untuk makan terlebih dahulu, setelah selesai. kami pergi mencari rombongan Oase. Setelah menunggu semua datang, kami diberikan tiket masing-masing. Kemudian kami naik ke kereta Serayu. Keretanya berangkat sekitar pukul 21:01.

11 November 2019

Kami sampai di stasiun Tasikmalaya pada pukul 4 pagi.

Kami sholat shubuh terlebih dahulu sebelum naik ke mobil pick-up. Setelah selesai sholat, kami menaruh barang-barang kami di mobil pick-up kemudian kami berangkat. Kami bermain di alun-alun Manonjaya sembari menunggu kak Raken membelikan sarapan untuk kami. Setelah kita selesai bermain kami naik kembali ke pick-up dan berangkat ke desa Zuhud.

Saat sampai, kak Raken membagikan sarapan kepada kami, kemudian kami makan. Setelah makan, kami diberi waktu tidur sebentar. Setelah kita tidur, pak Edi, kepala desa Zuhud datang ke saung kami untuk briefing. Pak Ondin, salah satu orang yang akan menjadi orangtua inang, mengajak kami berkeliling desa. Saat siang, kami pergi ke kolam ikan desa itu untuk memindahkan ikan mujaer dan memasang pagar.

Setelah selesai, kami pergi ke sungai untuk berenang.

Lalu, kami pergi kembali ke saung untuk membilas badan. Saat maghrib, kami pergi ke masjid. Setelah itu, kami ke saung untuk briefing sebentar. Kemudian, semuanya pergi ke rumah inang masing-masing.

12 November 2019

Kami tinggal di rumah pak Edi. Pada pagi hari, kami memotong ayam dan merebus ayam. Setelah itu kami sarapan. Saat siang, pak Ondin terlihat di halaman depan membawa senapan angin. Grup Leo mengikuti dari belakang membawa batang pohon kecil. Kita mendapat kesempatan untuk mencoba senapannya. Lalu, kami mencari petai dan pepaya. Setelah itu kami pulang. Saat maghrib, kami pergi ke masjid naik motor pak Edi.

13 November 2019

Pada pagi harinya, kami menanam pohon di lereng bukit.

Pada siang hari kami ke rumah pak Ondin untuk mencangkok pohon dan minum kelapa. Setelah itu, aku bermain UNO bersama yang lain. Setelah itu kami kembali ke rumah inang.

14 November 2019

Pada pagi hari kami semua ke pabrik sotong untuk membuat sotong.

Kami juga belajar cara membuat angklung.

Setelah selesai kami pulang untuk siap-siap ke kolam untuk mengambil ikan mujaer yang pada hari pertama dimasukkan.

Saat sudah selesai mengambil ikan, kami berjalan pulang. Pada perjalanan pulang, terjadilah hujan yang sangat lebat. Jadi kami semua berlari ke arah sebuah tenda berwarna ungu. Anginnya cukup kencang untuk menerbangkan tendanya. Jadi kami menahannya. Hampir semua dari kami bermain hujan dan lumpur, bersama dengan sebuah gerobak.

Pada malamnya, kami makan bersama di lapangan. Ada sate kambing, ikan mujaer asam manis dan lain-lain. Kami juga tampil per-grup, kami menampilkan "Malin Kundang" Kami juga memberikan bingkisan untuk orangtua inang kami.

15 November 2019

Kami pulang naik bis hijau untuk sampai ke terminal di kota.  Disana, kami akan transit ke bis premiere class BUDIMAN. Kami dijemput oleh orang tua di terminal Kampung Rambutan